Untitled Document

 

PROGRAM MAGANG KEJAKSAAN NEGERI PRABUMULIH

A. Pengertian Pemagangan

Menurut Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan kerja di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Menurut sudjana, magang adalah cara penyebaran informasi yang dilakukan secara terorganisasi. Menurut rusidi, magang merupakan salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan setiap mahasiswa sebagai cara mempersiapkan diri untuk menjadi SDM yang siap kerja. Magang adalah proses belajar dari seorang ahli melalui kegiatan dunia nyata. Selain itu magang adalah proses mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan untuk menyelesaikan problem nyata di sekitar1 . Dari pengertian para pakar diatas dapat disimpulkan bahwa magang merupakan pelatihan atau praktik untuk menguasai keahlian tertentu dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur yang berpengalaman.

Pemagangan di indonesia di atur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya disebutkan dalam Pasal 21-30. Dan lebih spesifiknya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di dalam Negeri. Peraturan Menteri tersebut, pemagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu. Konteks Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menyebutkan bahwa pemagangan merupakan sub-sistem dari pelatihan kerja. Pemagangan dalam rangka pelatihan kerja tersebut dapat dibedakan lagi berdasarkan wilayahnya, yakni pemagangan luar negeri (permenaketrans No.Per-08/Men/V/2008) dan pemagangan dalam negeri (permenketrans No. Per-22/Men/IX/2009). Pemagangan menurut Pasal 1 angaka 11 Undang-Undang Ketenagakerjaan adalah “bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu”.

Oleh karena itu kejaksaan negeri prabumulih memberikan kesempatan bagai para pelajar yang ingin melaksaanakan magang di kejaksaan negeri prabumulih.Dengan syarat sebagai berikut:

1.Mengisi identintas dengan benar pada menu pendaftaran magang

2.melampirkan surat pengantar dari instansi/lembaga pendidikan terkait jika telah diterima pendaftaran magang

3.melampirkan no_hp yang dapat dihubungi

4.melampirkan no_hp instansi/lembaga pendidikan terkait.

semoga dengan proses pendaftaran online ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagai semuanya dalam melaksanakan program magang/praktik kerja lapangan.KEJAKSAAN NEGERI PRABUMULIH menyambut baik niat kalian semua.Terima kasih.